Petahana. Apa itu?

2f09b4268310ea20d0a4bbd89cb0974d_aku-cinta-bahasa-indonesia1

 

Ada yang menggelitik ketika menyimak hasil Quik Count Pilkada Jabar Minggu 24 Februari 2013 yang lalu. Bukan karena para artis yang bersaing menjadi birokrat, atau mendukung salah satu calon. Tetapi ada istilah yang asing di telinga saya. “Petahana”.

Sebenarnya kalaupun tanpa mencari di kamus arti petahana adalah incumbent (dalam bahasa inggris) seperti yang akrab ditelinga kita selama ini. Menelusuri kamus besar bahasa Indonesia memang tidak ditemui kata “Petahana” yang ada adalah kata  yang artinya kedudukan; martabat (kebesaran, kemuliaan, dsb); ber·ta·ha·na v bersemayam; duduk.

Setelah lebih jauh di telusuri, beruntunglah saya bisa menemui Rubrik Bahasa, disini kita dapat menemui salah satu ahli bahasa Indonesia bapak  Salomo Simanungkalit yang memperkenalkan kata ini di Koran Kompas tahun 2009. Beliau menjelaskan dengan sangat jelas arti kata Petahana dari segi etimologi (cabang ilmu linguistik yang mempelajari asal-usul suatu kata).

Kata incumbent sebenarnya bisa saja diganti dengan istilah penjabat atau pejabat, namun kata pejabat terlanjur lekat dalam kamus dengan pegawai pemerintah yang memegang jabatan penting. sementara, penjabat memiliki arti pemegang jabatan sementara. Akhirnya kata ini tak bisa lagi untuk mengganti kata incumbent yang berarti orang yang sedang memangku jabatan politik tertentu dan maju beradu dalam pemilihan untuk jabatan yang sama.

Pembentukan kata petahana adalah sebagaimana kata petinju yang dibentuk dari kata dasar tinju yang berarti orang yang bertinju. Kata tahana yang berarti kedudukan atau duduk ketika berimbuhan pe maka berarti orang yang memiliki kedudukan atau orang yang sedang menjabat.

Kalau telinga dan mata kita asing dengan kalimat petahana karena memang ini merupakan pembentukan baru. Salomo sendiri mengakui bahwa kata tahana yang sudah lama terdaftar dalam bahasa Indonesia jarang dipakai dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia. Salomo mengusulkan kata ini sebagai padanan kata incumbent dan Kompas menerimanya.

Maka kalau minggu kemarin ada kata petahana itu artinya Ahmad Heryawan adalah petahana dalam pilkada Jabar. Dan kita pun tahu ada kata  petahana.

3 Comments
  1. Terima kasih atas informasinya yang sangat bermanfaat

  2. Terima kasih pak Nugroho… gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar…

  3. informasi yang sangat bermanfaat…:)

Tinggalkan Balasan

Pengunjung





SMAK Stella Maris

Jl.Indrapura No 32
Surabaya -60175
Telp : 031-3522174
Fax : 031-3521275
e-mail: smastellamaris@yahoo.co.id