Gugah Minat Siswa Terhadap Wayang

Wayang di SMA Stella Maris

 

 

 

 

PAHAM SENI: Daniel Adhis Putra siswa kelas       XI SMAK Stella Maris mempresntasikan                   wayang hasil karyanya dengan menjadi                   dalang.

 

 

Remaja jarang mau menonton wayang. Padahal banyak pesan maupun kisah heroik yang yang maknanya bisa diambil dengan melihat kesenian tradisional tersebut.

Dengan Kondisi ini SMA Katolik  Stella Maris berupaya menggugah minta siswa agar menyukai wayang. Caranya, siswa diminta membuat karakter tokoh pewayangan. Hasilnya dipajang di pameran sekolah 19-20 September 2015.

Salah satu siswa yang berpartidsipasi adalah Maria Marcelina. Siswi kelas XI itu memilih Bima, salah satu karakter dalam kisah Pandawa, sebagai masterpiecenya. Jika wayang pada umumnya terbuat dari kulit, Maria menggantinya dengan kertas duplex, “lebih mudah mencarinya daripada kulit.” Bahan tersebut juga efisien karena teksturnya tebal dan tidah mudah rusak. Sebelumnya, siswi yang asli Surabaya ini membuat sketsa terlebih  dahulu dengan pensil, lantas sketsa diwarnai dengan cat poster. MAria memilih warna dominan hitam. “Biar terkesan misterius dan elegan.” ujarnya.

Kepala SMA Katolik Stella Maris, Anton Riyanto menuturkan, masih banyak siswa yang belum pernah mengenal kisah pewayangan. “Maka sebaiknya dikenalkan sejak muda.” papar Anton sapaan akrabnya.

Setelah membuat tokoh pewayangan siswa diminta bercerita didepan teman-temannya layaknya pertunjukan wayang asli, model pertunjukannya juga diiringi gamelan. “Ibarat pertunjukan mini.” Ungkap Anton. Pengenalan karakter tokoh pewayangan dinilai sebagai pembelajaran yang efektif buat siswa. (ara/c15/a1) Foto  Jawa Pos edisi Senin 21 September 2015.

 

 

1 Comment
  1. Kreatif!!
    Pentingnya minat siswa terhadap wayang demi menjaga budaya yang sudah lama melekat di dalam jiwa WNI

Tinggalkan Balasan

Pengunjung





SMAK Stella Maris

Jl.Indrapura No 32
Surabaya -60175
Telp : 031-3522174
Fax : 031-3521275
e-mail: smastellamaris@yahoo.co.id