Kartini Inspirasi Pendidikan Kaum Perempuan

zzzzzz     zzzzzzzzzzzzzzz

 

Sosok Kartini masih menyisakan berjuta inspirasi bagi kaum wanita Indonesia. Meski telah lama pergi, semangat dan tekad perjuangannya untuk mengumandangkan emansipasi masih terpatri dalam sanubari masyarakat Indonesia, khususnya kaum perempuan Indonesia.

Dan hari ini ditengah rinai hujan dan mendung menggelayut Arek Stelma tetap semangat memperingati ispirator pendidikan perempuan Indonesia. Acara yang sediannya akan dilaksanakan di lapangan Stelma di pindah ke Aula. Dan suasana disulap menjadi tempat apel memperingati Hari Kartini.

Pagi ini SMAK Stella Maris mau melihat kembali Putri bangsawan jawa; Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dengan M.A. Ngasirah. Meretas jalan membuka cakrawala berpikir tidak hanya bagi kaum perempuan tetapi penguasa Indonesia di zamannya. Pendidikan yang sangat di batasi tidak memupus semangat perempuan Kartini untuk belajar. Europesche Lager School – ELS (Sekolah Dasar Belanda) tidak cukup membuatnya puas, Ia terus belajar mandiri, membaca banyak buku tentang pendidikan perempuan di Eropa, serta menulis surat kepada teman-teman korespondensi yang berasal dari Belanda. Dari hasil korespondensi inilah, Kartini mulai membuka mata betapa pentingnya pendidikan bagi para perempuan. Selain itu, dari buku-buku, koran, dan majalah Eropa, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa.

Timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi, karena ia melihat bahwa perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah. Kartini sering pula mengirim tulisan tentang pemikirannya yang tidak hanya berkaitan persoalan emansipasi wanita, namun juga dalam beragam pemikirannya dalam permasalahan sosial umum, perjuangan wanita agar memperoleh kebebasan, otonomi dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas. Di sinilah awal mula yang menjadikan RA Kartini inspirator pendidikan bagi perempuan Indonesia.

SMAK Stella Maris pagi ini tidak memperingati Hari Kartini dengan berkebaya ria. Lebih dari itu, ada lomba merias untuk siswi Stelma, berlenggak lenggok di catwalk dadakan dan yang terpenting juga siswi Stelma menjadi lebih mandiri, kelak tidak tergantung pada pria dan orang lain. Selain di Aula di ruangan lain juga diadakan lomba melukis poster memperingati hari bumi yang di peringati tanggal 22 April. Sebagai kampanye di hari bumi. Bersih hijau dan indahnya bumi dimulai dari sekolah. Ayo Stelma kita tunggu acara yang lebih spektakuler!

4 Comments
  1. Terima kasih untuk informasinya, semoga selalu bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi banyak orang. Semangat berkarya, semangat membangun negeri.

  2. terimakasih atas semua informasinya semoga sukses selalu

  3. terimakasih atas semua informasinya memang sungguh informasi yang sangat psitif dan menarik untuk di baca

    • Terima kasih banyak… Semoga bermanfaat buat orang lain.

Tinggalkan Balasan

Pengunjung





SMAK Stella Maris

Jl.Indrapura No 32
Surabaya -60175
Telp : 031-3522174
Fax : 031-3521275
e-mail: smastellamaris@yahoo.co.id