Kurikulum Baru, Buku Gratis?

Mau

 

Berbagai rencana perubahan sistem pendidikan nasional (sisdiknas) tertuang dalam kurikulum 2013 Rencananya, pemerintah akan mengurangi jumlah mata pelajaran, mengedepankan pendidikan karakter, mewajibkan Pramuka sebagai kegiatan extrakurikuler di sekolah, hingga menggratiskan buku pelajaran.

Tentu yang paling menarik dari semuanya itu ialah buku gratis. Benarkah akan di gratiskan? Cara distribusinya bagaimana? Kita tentu berharap banyak dari kurikulum dan kebijakan baru di tahun 2013 ini. Tidak ada lagi alasan bagi para anak-anak Indonesia tidak belajar. Jadi rakyat miskin pun bisa belajar dengan buku-buku gratis itu maka cita-cita para pendiri bangsa ini untuk mencerdaskan bangsa bukan hanya angan dan asa tetapi menjadi kenyataan. Dan harapannya tentu setiap siswa mendapatkan satu buku untuk setiap mata pelajaran. Bisakah? Benarkah? Dapatkah? Itu tentu pertanyaan yang pesimis tetapi optimisme kita haru tetap ditautkan pada kebijakan-kebijakan menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Rencana pemberian buku gratis bagi siswa Indonesia ini ditegaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh pada sosialisasi kurikulum 2013 kepada para stakeholder pendidikan di Bandung akhir pekan lalu. Mendikbud menjamin, tidak akan ada buku yang diperjualbelikan. Nantinya, para murid akan langsung menerima buku pelajarannya secara cuma-cuma.

Orangtua siswa pun tidak akan direpotkan dengan membeli buku saat menyekolahkan anaknya nanti. Mendikbud menambahkan, buku tersebut nantinya harus dikirim sampai ke sekolah dan bukan sampai di dinas saja. “Karena kalau buku dikirim sampai di dinas, dikhawatirkan nanti bisa jadi ada biaya pengiriman dari dinas ke sekolah. Maka nanti ada biaya di situ ditarik ke murid,” tutur Nuh.

Kalau ini benar-benar di realisasikan, jelas merupakan kebijakan yang pro siswa di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dan kerjasama dari dinas-dinas terkait sangat dibutuhkan. Kami menunggu realisasinya Pak Nuh. (Sumber web Direktorat Pendidikan dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan)

Tinggalkan Balasan

Pengunjung





SMAK Stella Maris

Jl.Indrapura No 32
Surabaya -60175
Telp : 031-3522174
Fax : 031-3521275
e-mail: smastellamaris@yahoo.co.id