OSIS Adakan LKTD

Bertempat di Vila Emaus, Desa Ngemplak Prigen Pandaan, Osis SMAK Stella Maris Mengdakan LKTD selama 3 Hari 2 malam. Acara ini bertujuan untuk memantapkan motivasi dan karakter kepemimpinan yang baik dalam kepengurusan OSIS periode 2013-2014.

Dari Indarapura 32

Osis (8) Osis (11) Osis (19)

Acara yang di buka tepat pukul 16.00 di awali dengan pembagian Kartu Pengenal Osis. Sayang kartu yang harusnya di bagi ternyata tertinggal di Area Monumen Tugu Pahlawan. Alhasil semua peserta harus mengambilnya sendiri. Dengan semangat para calon pengurus Osis bergegas menuju Tugu Pahlawan dan mencari kartu pengenal yang dimaksud. Tidak mudah untuk mendapatkannya tetapi dengan kerjasama dan usaha gigih dari para peserta deadline waktu yang diberikan bisa teratasi dan bergegas pulang ke Indrapura 32.

Di ruang audio dilanjutkan dengan Upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Kepala SMAK Stelma, Bpk. Felix Herwanjoyo, S.Pd. dan diikuti oleh para pembina yang akan ikut ambil bagian dalam LKTD ini. dalam Sambutannya, bapak Felix demikian beliau biasa dipanggil mengatakan proficiat atas terpilih calon pengurus Osis yang baru. “proficiat atas kesediaan anda menajdi calon pengurus OSIS periode 2013-2014, dengan menyisihkan para kandidat lain yang ingin menjadi pengurus Osis. kami juga bangga pada para pengurus Osis baru karena anda tidak hanya mempunyai jiwa kepemimpinan tetapi anda juga berprestasi di Sekolah.” Kata Pak Felix dalam  sambutannya. Kepala Sekolah yang baru menjabat juga mengatakan pentingnya mengatur waktu antara belajar dan berorganisasi, “Tujuan anda ke SMAK Stella Maris adalah untuk belajar, prioritaskan itu dalam hidupmu agar organisasi menjadi pendukung kegiatan-kegiatanmu dan menjadi bekal bagi masa datangmu.” demikian Pak Felix menutup sambutannya.

Naik Bis ke Prigen

Tepat pukul 03.00 dinihari, dengan syahdunya instrumen klasik siswa dibangunkan dan mempersiapkan diri untuk merangkat ke Pandaan. Ada yang terkejut karena alarmnya belum bunyi seperti di utarakan Maria Anita. Tetapi kesepakatan awal kalau jam yang berlaku adalah waktu setempat, dan jelas di jam dinding sudah menunjukan jam 5. tentu sebelumya jam ini sudah diputar.

Dengan menumpang mobil para pendamping dan mobil sekolah, para peserta diberangkatkan menuju terminal Bungurasih dengan di bagi perkelompok. Setiap kelompok tidak boleh menumpang Bis yang sama demikian jika sudah tiba di terminal Pandaan. Clue yang diberikan di terminal bungurasi adalah turun di terminal Pandaan dan Naik L300 menuju Vila Emaus desa Ngemplak. Empat pendamping dalam setiap kelompok  hanya mengikuti dan berjaga-jaga tetapi tidak untuk memberi masukan bagi peserta hingga para peserta tiba di Vila Emaus tepat waktu dan sesuai rencana.

Out Bond

Osis (39) Osis (47) Osis (59) Osis (72)

Didampingi oleh tim Outbond dari Grya Samadhi Vinsensius Adventure, siswa diajak untuk memahami dan mengenal karakter diri. Kak Lasmidi dalam pembukaannya menekankan pentingnya seorang pemimpin yang melayani bukan pemimpin yang hanya pandai memberi perintah. Disesi kedua Kak Diaz mengajak peserta untuk lebih mengenal karakter pribadi orang lain, sehingga dalam berorganisasi anggota organisasi dapat memahami satu sama lain. Acara dilanjutkan dengan Outbond di area Grya Samadhi Vinsensius. Acara yang berlangsung hingga pukul 18.00 ini memberi kesempatan kepada peserta untuk mengenal satu sama lain dan menjalin kekompakkan antar peserta dengan permainan-permainan yang mengasah kreativitas dan pola pikir yang cepat. Acara yang berlangsung hampir seharian ternyata tidak mengguratkan kelelahan dalam diri peserta. Ada yang menarik dalam sesi permainan dimana siswa harus menyelamatkan “domba” dengan tongkat Musa. Diawal setiap kelompok sangat antusias untuk berkompetisi tetapi menjelang pertengahan mereka sangat bersemangat untuk mendorong kelompok lain dan bersama-sama berpikir kreatif untuk memenangkan permainan ini. Permainan memang dimenangi oleh kelompok 2 tetapi raut bangga didapat oleh semua peserta LKTD.

Hingga 23.30

Bahwa semangat para peserta tak pernah padam tergambar jelas dalam rangakaian lanjutan acara malam hari. dari pukul 20.00 hingga 23.30 pengurus Osis masih terus mendapatkan informasi dari kakak-kakak pendamping. Rasa lelah tidak menyurukan semangat justru mereka ingin menggali sebanyak mungkin informasi yang di dapat sebagai bekal bagi oraganisasi mereka kelak. Komitmen-komitmen yang dibuat sungguh dilaksanakan tanpa tekanan tetapi karena menyadari pentingnya disiplin, kerjasama dan saling menghargai. Dengan semboyan “Semua Serba Super!” Penurus Osis baru seolah ingin mempersiapkan diri untuk apapun yang terjadi. “Preparing for nothing, ready for everything”.

Hari terakhir

Cuaca pagi yang cerah dan beningnya kolam memberi semangat baru untuk peramainan baru. Basah dan dingin bukan tantangan. Permainan di kolam renang berakhir pukul 07.30. Acara selanjutnya adalah komitmen Pengurus Osis dan pembentukan panitia untuk beberapa acara terdekat. Valentine Day dan Prapaskah. Semuanya berjalan lancar hingga penutupan yang di pandu oleh bapak Drs. Antonius Ryanto. dan terakan “Semua Serba Super!” membahana di area Vila Emaus. Menandai berakhirnya rangkaian LKTD OSIS SMAK Stella Maris 2013.

2 Comments
  1. VIVA STELMA!!!

  2. selalu teriakkan “SEMUA SERBA SUPER” dalam setiap kegiatanmu !

Tinggalkan Balasan

Pengunjung





SMAK Stella Maris

Jl.Indrapura No 32
Surabaya -60175
Telp : 031-3522174
Fax : 031-3521275
e-mail: smastellamaris@yahoo.co.id