Seminar Cerdas Mengajar

Bertempat di hall SMAK Stella Maris, 91 guru dari SDK St. Angela, SDK Stella Maris, SMPK Stella Maris dan SMAK Stella Maris serius menyimak materi Seminar Cerdas Mengajar. Menghadirkan dua pembicara handal Tessie Setabudi, MA.MBA. dan Ir. Joshua Maruta, MSC. Yang adalah pengarang buku best seller Cerdas Mengajar.

x5 x3 x2 x1

Tessie Setiabudi dalam paparannya menguraikan tiga macam gaya belajar. Gaya Visual; belajar melalui melihat. Mereka yang memiliki gaya belajar macam ini suka melihat gambar-gambar atau diagram-diagram. “gaya belajar visual senang melihat peragaan atau menonton video.” Jelas master psikologi ini. Gaya yang kedua adalah gaya auditori; disini anak belajar melalui mendengar. Mereka suka mendengar rekaman, ceramah/kuliah, debat, diskusi dan perintah-perintah lisan/verbal. “anak-ank auditori peka sekali dengan music, nada, irama, rima, dialog internal dan intonasi suara yang keluar dari pembicara, maka pola bicara berirama, pergerakan bibir saat berbicara sangat disukai oleh anak dengan gaya belajar seperti ini” tandas fasilitator, trainer dan penulis buku ini dengan penuh semangat. Dan gaya belajar yang ketiga ialah gaya kinestetik; anak belajar melalui kegiatan-kegiatan fisik, terlibat secara langsung, bergerak, menyentuh dan mengalami sendiri kegiatan. “Anak dengan gaya belajar seperti ini senang menyentuh, berdekatan dan banyak bergerak, belajar dengan menunjuk tulisan saat membaca dan menanggapi secara fisik ataupun mengingat sambil berjalan dan melihat.” Urai pepermpuan murah senyum yang berkomitmen tinggi untuk membantu individu, perusahan, organisasi, keluarga maupun masyarakat menjadi lebih baik.

Lebih lanjut MBA lulusan Tranining dan Development dari universitas di United Kingdom ini menekankan perlunya mengetahui waktu maksimal yang dapat dioptimalkan oleh siswa. Untuk peserta didik SD, mereka mampu belajar dengan waktu maksimal selama 30 menit, untuk SMP 35 menit dan SMA sekitar 45 menit. “Maka perlu selingan, lelucon atau hal-hal lain yang bisa membangkitkan semangat dalam proses belajar mengajar agar perserta didik tidak jenuh.” Jelas penulis yang berkolaborasi dengan Ir. Joshua Maruta, MSC. Menulis buku Pensiun Gaul.

Sementara pada sesi kedua Ir. Joshua Maruta, MSC dalam materinya menguraikan teknik-teknik menghafal dengan mudah. “proses menghafal harus dilakukan dalam situasi yang menyenangkan, penuh dengan kreativitas, makin aneh atau makin norak maka semakin mudah melekat pada ingatan.” Saran pimpinan Training For Excellence Pte Ltd.

Lebih detail M.Sc. dalam Teknik Elektro dari Union College, USA. Memaparkan 12 cara atau metode menghafal yang masing-masing mempunyai manfaat sendiri. “Ada metode visualisasi, berkaitan, dibesar-besarkan, cantol, inter-relasi/asosiasi, gerakan, akronim, kalimat kreatif, mind maping, menghafal angka, cerita dan metode tangga.” Urai mantan Vice President Support Operations PT Caltex Pacific Indonesia.

Kedua orang ini juga memprakarsai BiG MC (Belajar itu Gampang Menyenangkan dan Cepat). Menjadikan metode Belajar Itu Gampang, Menyenangkan dan Cepat di kelas-kelas yang difasilitasi sehingga peserta program menikmati proses belajarnya. Metode ini dibagikan ke guru-guru dari sekolah negeri dan swasta di berbagai tempat di Indonesia melalui program Mengajar Secara Pintar. Semuanya juga dimuat dalam buku Cerdas Mengajar yang menjadi Best Seller di Gramedia.

Facebook Twitter Email
Leave a Reply

Pengunjung

SMAK Stella Maris

Jl.Indrapura No 32
Surabaya -60175
Telp : 031-3522174
Fax : 031-3521275
e-mail: smastellamaris@yahoo.co.id