Wayang Suka-Suka

Ada yang menarik dalam Ujian Praktik kelas XII tahun ini. Tidak seperti tahun-tahun yang lalu Ujian praktik dilakukan per mata pelajaran atau hanya dua mata pelajaran digabung. Tahun ini di buat beda. beberapa mata pelajaran mengadakan ujian praktek bersama. Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia serta Mulok Speaking berkolaborasi dengan pelajaran Seni dalam suatu wadah yang di beri nama wayang suka-suka.  Di tata laiknya pertunjukan wayang dengan geber dan panggung yang disiapkan oleh Pak Zaenal Abidin, S.Pd. lobi SMAK Stella Maris menjadi tempat yang strategis, dimana tempat ini juga seolah menyambut tamu yang masuk  dan disuguhi pertunjukan wayang.

a b c

Ide kreatif ini tentu tak lepas dari rembuk antar guru mata pelajaran yang mengadakan ujian praktik, untuk mempermudah guru dalam merancang materi yang akan diuji, selain itu siswa merasa terbantu dalam mempersiapkan diri dimana beberapa mata pelajaran sudah dapat disiapkan bersamaan. Dari segi waktu, pelaksanaan Ujian Pratik dengan system kolaborasi seperti ini menjadi lebih efektif dan efisien.

Awal mula ide ini bisa mengakomodasi beberapa mata pelajaran  misal; Praktik Agama, tetapi karena tuntutan penghayatan yang ada dalam ujian praktik Agama maka Ujian Praktik Agama di ujikan tersendiri.

Kenapa wayang suka-suka? Itulah yang tercermin dalam Ujian kali ini, Suka-suka dalam menampilkan cerita, suka-suka dalam membuat gambar lakon, dan suka-suka juga dalam menampilkan, kalau wayang umumnya dalangnya hanya cukup satu, disini dalangnya bisa lima orang, disesuaikan dengan anggota kelompoknya. Terakhir adalah bahasa yang digunakan harus dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris. Hasilnya berbagai cerita di tampilkan yang di lengkapi gambar-gambar lakon dari cerita menjadi sangat menarik dan menghibur, minusnya wayang ini tidak dilengkapi sound sehingga suara terkadang kurang terdengar.

Lalu nilainya yang di ambil pastinya adalah gambar-gambar dari pewayangan dan tata letak untuk Seni Rupa. Ide Cerita,tata bahasa, penyampaian, intonasi, dan pengucapan untuk Pelajaran bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Harapannya lebih di sempurnakan untuk tahun-tahun yang akan datang.

6 Comments
  1. Trimaksih,Alhamdulilah saya sehat walafiat,dan adik saya jg sudah sembuh total 🙂

  2. sippp…… guru2 yang kreatif menghasilkan siswa2 yang luar biasa.. kl @bp.Anugrah bangga pernah di Stelma… apalagi Susi Arima Susana Sitepu.. sangat2 bangga berada di Stelma. hehehehehe.. 🙂

  3. Pak Anugrah terima kasih. Bagaimana kabar? bagaimana dengan keadaan adikmu?

  4. Semakin kreatif ank2 STELMA, saya bangga pernah menjadi bagian dr STELMA 🙂

  5. Terima Kasih Mas Pitu… berikan masukan kreatif buat kami… agar kami semakin kreatif juga. Salam kami…

  6. Bagus, kreatif , New, lain dari yang lain.
    Langka dan perlu dilestarikan, mengapa?
    Anak remaja menjelang dewasa,dikota metropolitan yang identik dengan aktifitas glamour tetapi ternyata tersimpan kreasi seni , membuat wayang menyusun cerita, memainkan wayang. luarbiasa…bebar-benar smart-kreatif
    selamat !

Tinggalkan Balasan

Pengunjung





SMAK Stella Maris

Jl.Indrapura No 32
Surabaya -60175
Telp : 031-3522174
Fax : 031-3521275
e-mail: smastellamaris@yahoo.co.id